Skip links

Program PPM Bidang Good Health and Well-being SDG #3

Seluruh isu kesehatan dalam SDGs diintegrasikan dalam satu tujuan yakni tujuan nomor 3, yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia. Terdapat 38 target SDGs di sektor kesehatan yang perlu diwujudkan. Selain permasalahan yang belum tuntas ditangani diantaranya yaitu upaya penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB), pengendalian penyakit HIV/AIDS, TB, Malaria serta peningkatan akses kesehatan reproduksi (termasuk KB), terdapat hal-hal baru yang menjadi perhatian, yaitu: 1) Kematian akibat penyakit tidak menular (PTM); 2) Penyalahgunaan narkotika dan alkohol; 3) Kematian dan cedera akibat kecelakaan lalu lintas; 4) Universal Health Coverage; 5) Kontaminasi dan polusi air, udara dan tanah; serta penanganan krisis dan kegawatdaruratan.

Fokus dari seluruh target tersebut antara lain gizi masyarakat, sistem kesehatan nasional, akses kesehatan dan reproduksi, Keluarga Berencana (KB), serta sanitasi dan air bersih.

Pembangunan sektor kesehatan untuk SDGs sangat tergantung kepada peran aktif seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah pusat dan daerah, parlemen, dunia usaha, media massa, lembaga sosial kemasyarakatan, organisasi profesi dan akademisi, mitra pembangunan serta Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Tantangan terbesar dalam pelaksanaan agenda pembangunan berkelanjutan di Indonesia adalah reformulasi konsep pembangunan yang terintegrasi dan penempatan kesehatan sebagai satu rangkaian proses manajemen pembangunan yang meliputi input, process, output, outcome dan impact pembangunan serta memahamkan bersama akan substansi pembangunan kesehatan yang harus dilaksanakan bersama di era desentralisasi dan demokratisasi saat ini.

Program yang diusung untuk mewujudkan SDGs dalam bidang kesehatan adalah Program Indonesia Sehat dengan 3 pilar yakni paradigma sehat, pelayanan kesehatan dan jaminan kesehatan nasional.

Vaksinasi Covid-19 secara Massal di Desa Sasak Panjang Kabupaten Bogor

Prof. Dr. Arry Yanuar, M.Si., Apt

—–

 

Pembentukan dan Training on Trainer Grup Dukungan Warga sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat dalam Menanggulangi Covid-19

Dr. apt. Febrina Amelia Saputri, M.Farm

—–

 

E-Book Isolasi Mandiri: Petunjuk Komprehensif Praktis sebagai Panduan bagi Pasien Covid-19 di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok

apt. Kartika Citra Dewi Permata Sari, M.Farm.

—–

 

Seri Talkshow Daring Bersama Pakar sebagai Upaya Klarifikasi Hoax terkait COVID-19 bagi Masyarakat Awam

Dr. Nadia Farhanah Syafhan, M.Si. Apt.

—–

 

Strategi Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) pada Anak dengan Gizi Kurang di Masa Pandemi

Dessie Wanda, MN.Ph.D.

—–

 

Sehat dan Peduli di Masa Pandemik

Dr. Hanny Handiyani, SKp., M.Kep.

—–

 

Cegah dan Kontrol Hipertensi di Masa dan Pasca Pandemi

Hening Pujasari, S.Kp., M.Biomed., MANP., Ph.D.

—–

 

Isoman-Buddy Sebuah Aplikasi Bagi Pasien Covid-19

Hening Pujasari, S.Kp., M.Biomed., MANP., Ph.D.

—–

 

Otimalisasi Penggunaan Aplikasi Android Sistem Informasi Posyandu (Simadu) di Masa Pandemi Covid 19

Ns. La Ode Abd Rahman,S.Kep., MBA

—–

 

Pencegahan Kecanduan Gawai pada Remaja dengan Program “CANDUDAYA” (Cegah Candu Gawai dengan Pemberdayaan Orang Tua)

Ria Utami Panjaitan, S.Kp., M.Kep.

—–

Penguatan Fisik dan Mental Relawan Pusat Krisis FIK UI

Dr. Tuti Nuraini S.Kp., M.Biomed

—–

 

Pola Hidup Sehat Selama Masa Pandemik Covid-19

Sri Yona, SKp., MN., Ph.D

—–

 

Leave a comment