Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat

dipimpin oleh seorang Direktur, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi;

Wewenang

Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat

PERUMUSAN DAN PENGELOLAAN

Merumuskan kebijakan serta mengelola program kerja untuk bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat

PENYUSUNAN

Menyusun rencana induk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat

PERENCANAAN DAN PENGELOLAAN

Merencanakan dan mengelola sistem pendanaan dan diseminasi hasil pengabdian dan pemberdayaan masyarakat

PENGEMBANGAN

Merumuskan, mengembangkan dan mengelola kerjasama bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat baik di tingkat internal maupun eksternal universitas.

Struktur di bawah Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.

Kepala Sub Direktorat Pengabdian Masyarakat dan Kepala Sub Direktorat Pemberdayaan Masyarakat

TUGAS POKOK

Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat

merumuskan kebijakan serta mengembangkan dan mengelola kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan Universitas Indonesia

FUNGSI

DIREKTORAT PENGABDIAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

PENGEMBANGAN

Perumus konsep, strategi, sasaran, roadmap, dan kebijakan operasional di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka menciptakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya serta upaya percepatan pembangunan bangsa dan negara.

MONITORING DAN EVALUASI

Perumus standar mutu bersama dengan BPMA, sistem monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat, serta sarana prasarana terkait di lingkungan Universitas Indonesia.

IMPLEMENTASI HASIL

Perumus rencana implementasi hasil-hasil pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang menjadi landasan dalam bidang pendidikan (research based education) di Universitas Indonesia.

RENCANA PROGRAM

Perumus sistem pembinaan, pengembangan, serta mekanisme koordinasi dan keterpaduan penyusunan rencana dan program di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat di lingkungan Universitas Indonesia.

CIVITAS AKADEMIK

Penanggungjawab kegiatan peningkatan dan optimalisasi keahlian sivitas akademik, kelompok keilmuan dan pusat kajian dalam bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat untuk dapat melakukan penelitian inovatif dengan mempertimbangkan kearifan lokal serta pengabdian kepada masyarakat yang tepat sasaran.

DISEMINASI DAN PROMOSI

Diseminator ilmu pengetahuan dan promosi hasil pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan sivitas akademik Universitas Indonesiamelalui upaya peningkatan jumlah dan kualitas publikasi dan kegiatan ilmiah di tingkat nasional dan internasional.

KERJASAMA DAN KOLABORASI

Penanggungjawab kegiatan peningkatan kerjasama, kolaborasi dan perolehan dana pengabdian dan pemberdayaan masyarakat baik dari instansi pemerintah, lembaga non pemerintah, pihak swasta dan industri dari dalam dan luar negeri.

KEBERLANJUTAN PROGRAM

Penanggungjawab keberlanjutan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan peta jalan (roadmap) dan rencana jangka panjang Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia.

RKAT

Menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat

LINTAS MULTIDISIPLIN

Merumuskan konsep, strategi, sasaran, roadmap, dan kebijakan operasional di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang bersifat lintas dan multidisiplin dalam rangka menciptakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya serta upaya percepatan pembangunan bangsa dan negara.

STANDAR MUTU, SISTEM MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN

Merumuskan standar mutu, sistem monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat, serta sarana prasarana terkait di lingkungan Universitas Indonesia

IMPLEMENTASI HASIL PPM

Merumuskan rencana implementasi hasil-hasil pengabdian dan pemberdayaan masyarakat menjadi landasan dalam bidang pendidikan (research based education) di Universitas Indonesia.

SISTEM TERPADU

Menetapkan sistem pembinaan, pengembangan, serta mekanisme koordinasi dan keterpaduan penyusunan rencana dan program di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat di lingkungan Universitas Indonesia.

URAIAN TUGAS

Direktur Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat

OPTIMALISASI CIVITAS AKADEMIK

Meningkatkan dan mengoptimalkan keahlian sivitas akademik, kelompok keilmuan dan pusat kajian dalam bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat untuk dapat melakukan penelitian inovatif dengan mempertimbangkan kearifan lokal serta pengabdian kepada masyarakat yang tepat sasaran.

DISEMINASI DAN PROMOSI

Melakukan diseminasi ilmu pengetahuan dan promosi hasil pengabdian dan pembedayaan masyarakat yang dilakukan sivitas akademik UI melalui upaya peningkatan jumlah dan kualitas publikasi dan kegiatan ilmiah di tingkat nasional dan internasional.

KERJASAMA DAN KOLABORASI

Meningkatkan kerjasama, kolaborasi dan perolehan dana pengabdian dan pemberdayaan masyarakat baik dari instansi pemerintah, lembaga non pemerintah, pihak swasta dan industry dari dalam dan luar negeri.

KEBERLANJUTAN PROGRAM

Menjamin keberlanjutan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan peta jalan (road map) dan rencana jangka panjang Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia.

LAPORAN KEGIATAN

Menyusun laporan kegiatan Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat secara berkala dalam rangka pertanggungjawaban terhadap Rektor Universitas Indonesia.

URAIAN TUGAS

KEPALA SUB DIREKTORAT PENGABDIAN MASYARAKAT

PENYUSUNAN RKAT

Membantu Direktur Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat dalam penyusunan RKAT Sub Direktorat Pengabdian Masyarakat

PENGEMBANGAN

Menyusun konsep, strategi, sasaran, roadmap, dan kebijakan operasional di bidang Pengabdian Masyarakat

RANCANGAN DAN TATA KELOLA

Merancang dan mengelola program serta kegiatan Pengabdian Masyarakat secara terstruktur dan sistematis, meliputi aspek kegiatan, pendanaan, dan jadwal pelaksanaan.

PENGELOLAAN DANA

Meningkatkan dan mengelola pendanaan dan fasilitas pengabdian masyarakat dalam rangka melaksanakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat dengan sumber dana internal maupun eksternal.

CIVITAS AKADEMIK

Merancang, mengelola dan memfasilitasi kegiatan pengabdian masyarakat bagi sivitas akademik dalam rangka pengembangan kerjasama dan kegiatan pengabdian masyarakat di tingkat nasional maupun internasional.

SINERGI DENGAN K/L

Merencanakan dan mengelola kegiatan pengabdian masyarakat skala nasional dan internasional yang kompetitif dan mampu bersinergi dengan pemerintah, industri dan institusi dalam dan luar negeri.

LAPORAN KEGIATAN

Menyusun laporan kegiatan Sub Direktorat Pengabdian Masyarakat secara berkala sebagai pertanggungjawaban kepada Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Universitas Indonesia

URAIAN TUGAS

KEPALA SUB DIREKTORAT PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

PENYUSUNAN RKAT

Membantu Direktur Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat dalam penyusunan RKAT Sub Direktorat Pemberdayaan Masyarakat.

PENGEMBANGAN

Menyusun konsep, strategi sasaran, roadmap, dan kebijakan operasional di bidang Pemberdayaan Masyarakat.

RANCANGAN DAN TATA KELOLA

Merancang program Pemberdayaan Masyarakat yang dikelola Direktorat PPM secara terencana, meliputi aspek kegiatan, pendanaan, dan jadwal pelaksanaan.

STANDAR MUTU

Mengendalikan standar mutu, melakukan pemantauan dan pengevaluasian terhadap kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di lingkungan Universitas Indonesia.

CIVITAS AKADEMIK

Merumuskan dan mengkoordinasikan perencanaan, pelatihan dan pemberdayaan sivitas akademik bagi kegiatan pemberdayaan masyarakat.

SINERGI DENGAN K/L

Merancang dan mengelola kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk penyelesaian masalah publik, percepatan pembangunan Negara dan pengembangan industri dalam negeri.

KERJASAMA

Membangun dan menjalin kerjasama antara Direktorat PPM Universitas Indonesia dengan institusi dalam dan luar negeri dalam rangka peningkatan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat.

PENINGKATAN PENDANAAN

Meningkatkan pendanaan pemberdayaan masyarakat melalui kerjasama yang saling menguntungkan dengan industri, lembaga pemerintah dan swasta, dalam skala nasional dan internasional.

LAPORAN KEGIATAN

Menyusun laporan kegiatan Sub Direktorat Pemberdayaan Masyarakat secara berkala sebagai pertanggungjawaban kepada Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Universitas Indonesia.