Sasaran Strategis DRPM UI 2015-2019 adalah:

  1. Mendukung pemerolehan akreditasi internasional dari lembaga akreditasi internasional serta peningkatan peringkat UI dalam jajaran perguruan tinggi dunia melalui peningkatan integrasi, keunggulan dan enterprising dalam bidang riset dan pengabdian masyarakat
  2. Meningkatkan jumlah publikasi ilmiah internasional yang digunakan sebagai acuan (referensi) bagi para peneliti di seluruh dunia melalui peningkatan integrasi, keunggulan, dan enterprising dalam bidang riset dan pengabdian masyarakat
  3. Meningkatkan budaya dan kualitas riset, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi ilmiah.
  4. Meningkatnya pencapaian kerjasama internasional.

Sebagai direktorat di bawah Wakil Rektor bidang Riset dan Inovasi, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) berperan sebagai:

  1. Fasilitator pelaksanaan riset dan pengabdian masyarakat sivitas akademika UI yang melibatkan lintas fakultas dan pihak luar universitas, untuk menjaga kualitas dan melindungi integritas aktivitas riset dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh UI.
  2. Pengelola dalam pelaksanaan riset dan pengabdian masyarakat sivitas akademika UI yang melibatkan lintas fakultas dan pihak luar universitas agar sumber daya dan aset riset UI dapat dimanfaatkan secara bijaksana.
  3. Pembina sumber daya manusia dan fasilitas riset universitas yang tersebar di berbagai fakultas dan program pascasarjana.