Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia bekerjasama dengan The Conversation menyelenggarakan pelatihan penulisan artikel ilmiah popular pada Selasa – Kamis, 10 – 12 November 2020. Pelatihan dihadiri oleh 71 peserta yang merupakan dosen dan peneliti Universitas Indonesia yang aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

The Conversation adalah media internasional yang menerbitkan tulisan para akademisi dan peneliti menjadi berita populer. Selain di Indonesia, The Conversation memiliki jaringan di berbagai negara diantaranya di Australia, Inggris, Amerika Serikat, Afrika, Prancis, Kanada, dan Spanyol.

 

Pelatihan penulisan dilakukan secara daring

 

Narasumber dalam pelatihan ini adalah editor The Conversation yang berpengalaman selama 15 tahun di bidang jurnalisme dan media. Pelatihan dimulai pukul 09.00-16.00 WIB setiap harinya dan dilakukan secara daring. Pelatihan diawali dengan sambutan Bapak Agung Waluyo, PhD selaku Direktur Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia. Beliau mengatakan pelatihan ini sangat penting untuk dilakukan.

“Tujuan pelatihan ini adalah untuk membantu para dosen dan peneliti menghasilkan artikel ilmiah populer berkualitas dari hasil pengabdian masyarakat yang dapat menjangkau masyarakat internasional”, ujar beliau.

Selama pelatihan, para peserta mempelajari keterampilan menyusun tulisan populer dengan sudut pandang menarik dan bahasa yang mudah dipahami melalui diskusi dan tanya jawab. Di akhir sesi, peserta dibagi menjadi kelompok kecil untuk merumuskan ide dan menyusun tulisan. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan dan siap memasukkan artikel ilmiah popular ke The Conversation dalam waktu dekat.

 

Penggalian ide utama sebuah artikel yang dilakukan selama pelatihan

 

Dalam evaluasi, para peserta mengungkapkan banyak manfaat dan info baru yang didapatkan setelah mengikuti pelatihan ini. “Setelah mengikuti pelatihan, saya jadi tahu tata urutan dan sisi yang akan diambil, tidak sekedar data ilmiah saja” ucap Dr. Deni Danial Kesa, salah satu peserta pelatihan yang merupakan dosen yang aktif melakukan kegiatan pengabdian masyarakat.

Harapannya, pelatihan ini dapat mempertajam keterlampilan para peserta dalam mengkomunikasikan hasil pengabdian masyarakat menjadi sebuah berita popular yang dapat dijangkau oleh pembaca dari beragam latar belakang.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *