Source Media: https://koridormalutnews.com/cegah-penyebaran-covid-19-ui-luncurkan-video-animasi-berbahasa-daerah/

TERNATE,koridormalutmews.com- Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia melakukan peluncuran video animasi cegah Covid-19 dalam bahasa-bahasa daerah di Maluku Utara pada Jum’at 18 Desember lalu. Acara yang dilaksanakan secara daring ini, diikuti oleh Direktur Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia, Agung Waluyo Ph.D., Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata di Ternate dan Tidore, serta staf Kantor Bahasa Maluku Utara.

Proses pembuatan video animasi dimulai dari bulan Juni 2020 lalu. Tim Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UI yang diketuai oleh Dr. Filia berkolaborasi dengan Komunitas Kampung Warna dan Komunitas Komik dan Animasi Ternate. Komunitas kampung warna membuat ilustrasi gambar animasi sekaligus sebagai konsultan bahasa Melayu Ternate sedangkan pembuatan animasi dibuat oleh Komunitas komik dan animasi Ternate (Kokoknate). Video animasi dibuat dengan mempertimbangkan kekhasan budaya serta kearifan lokal masyarakat Maluku Utara yang dikombinasikan dengan ajakan untuk taat protokol kesehatan.

Menurut Dr. Filia, ada baiknya video animasi ini dibuat oleh putra-putri Maluku Utara, mereka bisa lebih menghayati kebiasaan di sana sehingga otentisitas bisa lebih terasa. “Video animasi akan lebih otentik karena dibuat langsung oleh putra-putri Maluku utara” Terang Filia kepada Koridormalutnews.com Senin (21/12/20)

Ia menambahkan bahwa video animasi tak hanya dibuat dalam bahasa melayu Ternate, tetapi video animasi juga dibuat dengan menggunakan bahasa Tidore.(RAH)

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *